Kegiatan Uji Kompetensi Dan Sertifikasi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi Kabupaten Pesawaran Tahun 2019 Di Kecamatan Way Khilau

Kegiatan Uji Kompetensi Dan Sertifikasi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi Kabupaten Pesawaran Tahun 2019 Di Kecamatan Way Khilau
Kegiatan Uji Kompetensi Dan Sertifikasi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi Kabupaten Pesawaran Tahun 2019 Di Kecamatan Way Khilau

Pada Hari Jum'at tanggal 15 November 2019 sekitar pukul 09.30 WIB di Aula Balai Desa Kubu Batu Kec. Way Khilau Kab. Pesawaran telah berlangsung Kegiatan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi Kabupaten Pesawaran Tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Usman  Selaku Kabid Jakon Dinas PU Pesawaran,  Camat Way Khilau (Drs. Ahmad Rosani M. Pd),  Ijal selaku Kasi Pengawasan Jakon Dinas PU,  Kasi Pengaturan Jakon Dinas PU (Nana),  Sekcam Way Khilau (M. Nazam Roni SE),  Kasi PMD Kecamatan Way Khilau (Marzuki),  LPJK Provinsi Lampung Sebagai tim penguji,  Kepala Desa Kubu batu Hermawan), serta Tenaga Kerja Konstruksi 70 orang, yang berasal dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Way Khilau.

Sambutan Bupati Pesawaran yang disampaikan oleh Camat Way Khilau sekaligus membuka kegiatan disampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Pesawaran saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi, Kepada hadirin yang sudah memenuhi undangan kami guna turut serta mensukseskan pencapaian tujuan dari uji Kompetensi dan Sertifikasi tenaga kerja Terampil Konstruksi pemerintah Kabupaten Pesawaran Tahun 2019 di Kecamatan Way Khilau.

Saya juga sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan semoga melalui kegiatan ini semakin banyak tenaga kerja Terampil Konstruksi yang bersertifikat di Kabupaten Pesawaran dalam upaya mewujudkan dan mensukseskan rangkaian proses pekerjaan Konstruksi yang berkualitas.

Kegiatan pada hari ini merupakan rangkain kegiatan di tahun kedua uji Kompetensi dan Sertifikasi yang dilaksanakan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Pesawaran dengan total peserta sebanyak 1022 tenaga kerja Konstruksi dimana pada tahun sebelumnya telah dilaksanakan uji Kompetensi dan Sertifikasi tenaga kerja Terampil Konstruksi sebanyak 870 peserta.

Sebagaimana kita ketahui bahwa dengan berlakunya masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi sebuah isyarat bagi para pelaku jasa Konstruksi indonesia untuk selalu berinovasi dan menjadi lebih profesional, pelaksanaan MEA akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi warga Asean yang memiliki keterampilan atau keahlian khusus.

Oleh karnanya sesuai dengan pasal 70 undang-undang nmor 2 tahun 2017 tentang jasa Konstruksi yang menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja Konstruksi yang bekerja di bidang jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi kerja.

Hal ini selaras dan sangat mendukung Program Lampung Kompeten dan mempercepat MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) dengan telah terbitnya Peraturan daerah Provinsi Lampung 12 tahun 2016 tentang Sistem Menejemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Bidang Konstruksi (SMK3) Bidang Konstruksi melalui peran aktif unsur penyedia dan meningkatkan kualitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja secara terencana, terukur, terstruktur, dan terintregrasi, serta mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman dan efisien, untuk mendukung produktifitas kerja.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa dalam kepemimpinan saya bersama Bapak Eriawan SH, kami memiliki misi mewujudkan infrastruktur mantap dan berkualitas. Sasaran yang akan dicapai adalah mewujudkan pembangun yang berkualitas dengan pembangun yang berkualitas itulah kita dapat menggunakan APBD dengan efisien. Kepada pemerintah Provinsi kami juga selalu meminta dukungan agar kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas Kabupaten Pesawaran khususnya di bidang jasa Konstruksi berjalan sesuai harapan.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini akhirnya seraya mengharap ridho allah swt, dengan mengucapkan "Bismillahirohmanirrohim" uji Kompetensi dan Sertifikasi tenaga kerja Terampil Konstruksi Kabupaten Pesawaran tahun 2019 di Kecamatan Way Khilau resmi saya nyatakan di buka !!! “sambutan Bupati Pesawaran yang disampaikan oleh Camat Way Khilau.

Tim Penguji Menyampaikan beberapa Tata tertib kegiatan  diantaranya  dilarang merokok selama kegiatan berlangsung, Pergunakan fasilitas yang sudah dibagikan, Semua peserta harus mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dan selama kegiatan berlangsung handphone harap di non aktifkan  agar Uji Kompetensi Dan Sertifikasi tenaga kerja Terampil Konstruksi Kabupaten Pesawaran berlangsung dengan berjalan dengan aman dan kondusif.

 

by; ZAKKI